Oh Guru TIDAK TETAP (GTT), Memang Hebat Jasamu!!!

Alkisah, Tono adalah seorang lulusan SMA salah satu Sekolah pinggiran. Dia memutuskan untuk tidak melanjutkan ke jenjang kuliah dan memilih menjadi Karyawan di Pabrik. Beberapa bulan kemudian, Tono bisa membeli sebuah sepeda motor baru yang mewah dengan upahnya yang sesuai UMR Kabupaten Rp, 1,2 Juta/Bulan.

Sedangkan, Budi adalah seorang lulusan perguruan tinggi negeri bergelar Sarjana Pendidikan. Dia adalah pemuda yang pintar. Tidak hanya itu saja, dia juga pintar dalam mengajari murid-muridnya sehingga anak yang dia ajar hampir semuanya menjadi pintar. Sayangnya Budi belumlah menjadi PNS. Dia hanya Guru Tidak (GTT) tetap di salah satu sekolah swasta. Dengan gelarnya yang sarjana, Dia hanya mendapat gaji Rp.250.000,-/ Bulan yang bahkan untuk membeli Sepatu dan celana baru saja sudah habis dalam sedetik. Si Budi yang berharap mendapatkan tunjangan sertifikasi pun harus gigit jari karena Dia harus menunggu entah berapa tahun untuk dapat mengajukan Sertifikasinya. Malangnya nasib si Budi, Deritanya semakin bertambah ketika dia tidak mendapatkan jam mengajar yang lebih, karena tersingkir dari Guru-guru PNS yang mencari 24 Jam untuk mendapatkan sertifikasinya. Inilah perjuangan si Budi, Guru Sarjana Pendidikan yang sedang berjuang mencerdaskan Anak Negeri ini. Dia tetap berjalan walau sistem di negeri ini malah menyandunginya.

Renungan hari ini, Negeri ini tidak akan maju jika guru-gurunya mendapatkan kesejahteraan yang tidak layak. Guru PNS dan sertifikasi dalam pendidikan seakan lebih menyudutkan para Pejuang-pejuang guru yang dinamakan GTT (guru tidak tetap). Apakah setimpal seseorang yang mengenyam pendidikan sarjana dan mencerdaskan anak bangsa hanya mendapat Rp.250.000,- yang hanya seperlimanya dari anak lulusan SMA. Mereka tidak pernah demo atau protes yang gajinya jauh di bawah UMR. Semoga, tulisan ini membuka sudut pandang kita bahwa masih ada guru yang tanpa tanda jasa yaitu GURU TIDAK TETAP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s