Senang dan Sedih itu Biasa

Diambil dari http://padangexplorermtb.org

Hidup itu seperti RODA.

Kadang kita di bawah dan kadang kita di atas. Artinya kadang kita sedih dan kadang kita senang. Memang sudah fitrahnya manusia akan selalu mendapati keduanya.

Nah, Tapi pertanyaan selanjutnya adalah: Kemana RODA itu akan berjalan?

Ada ke arah TANJAKAN

Ada yang ke arah DATAR

Ada pula yang ke arah TURUN

Di sinilah arti kehidupan yang sebenarnya. Di jalanan yang menanjak, datar, atau pun menurun kita sama-sama dihadapkan dengan posisi di atas (senang) dan di bawah (sedih). Namun, perlu diingat, pada saat kita sedang di posisi bawah roda, kemudian kita bergerak naik. Maka posisi serendah-rendahnya kita mungkin lebih tinggi daripada posisi paling atas pada saat kita belum naik tanjakan. Arah tanjakan adalah arah yang berat dan perlu usaha keras untuk mencapainya. Nah inilah jalan orang SUKSES. Walaupun sedang di posisi RODA bagian bawah sekali pun, dia akan tetap di atas jika dibandingkan dari posisi sebelum dia naik.

Berbeda dengan jalanan yang datar. Ketika kita di bawah (baca: sedih), ya kita akan mengalami sedih yang sama. Begitu pun senang, kita akan mengalami senang yang biasa saja alias sama. Metapor ini sama dengan orang yang tidak mau kerja keras. Dan menerima apa yang ada, tanpa mau berusaha lebih baik.

Arah yang terakhir adalah arah turunan. Arah turunan berarti arah yang mengenakkan (sesaat) dan tidak perlu usaha sama sekali. Ini sama bandingannya dengan orang yang suka hidup glamour, terkena narkoba, minum-minuman, dan suka mengambil jalan pintas. Nah inilah jalan orang-orang GAGAL. Apa akibatnya? Mereka akan terbawa dengan arus dimana ketika posisi roda yang paling tinggi pun tidak lebih tinggi dari posisi bawah sebelum mereka turun. Dan bayangkan ketika mereka di posisi paling bawah maka mereka akan di posisi yang lebih rendah dari posisi sebelumnya. NGERI!!!.

Kesimpulannya. Senang dan Sedih itu biasa. Yang paling penting kemana kita akan melangkah (ARAHNYA). Apakah mau naik, datar, atau turun. Semua itu pilihan Anda. Semoga tulisan ini menginspirasi kita untuk tetap berusaha (menempuh jalan tanjakan) untuk meningkatkan kebahagiaan kita. Tetap SEMANGAT!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s