Apakah Takdir Bisa Dirubah?

Pertanyaan ini tiba-tiba muncul dan membuat saya kepikiran. Sehingga saya memutuskan untuk mencari informasi dan dalil-dalil mengenai hal dirubahnya takdir manusia. Penasaran??? Baiklah ulasannya sebagai berikut.

Pertama begini, takdir setiap manusia sudah ditulis di Lauhul Mahfuzh sebelum manusia tersebut dilahirkan. Intinya yaitu lahir dan kematian kita memang sudah ditentukan dan tidak dapat dirubah lagi. Berikut adalah dalil yang menyatakan hal tersebut.

Katakanlah: “Aku tidak berkuasa mendatangkan kemudharatan dan tidak (pula) kemanfaatan kepada diriku, melainkan apa yang dikehendaki Allah”. Tiap-tiap umat mempunyai ajal . Apabila telah datang ajal mereka, maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukan(nya).” Yunus (10) : 49

Terus,.. timbul pertanyaan lagi… Jadi buat apa kita berdo’a, bersedekah, atau menjalin silaturahmi agar kita mempunyai umur yang panjang….

Nah pertanyaan “takdir bisa dirubah” membuat saya tambah binggung disini. Tapi Alhamdulilah setelah membaca berbagai sumber. Saya dapat menyimpulkan sebagai berikut:

Memang takdir itu sudah ditetapkan. TAPI TUNGGU DULU. Allah kan maha mengetahui apa yang akan kita lakukan dan apa yang kita pikirkan di dunia.  Allah sudah mengetahui apa saja “takdir kita” (APA YANG AKAN KITA LAKUKAN) sejak dalam kandungan  atau bahkan jauh sebelumnya.

Nah disinilah intinya. Jika kita sekarang berdo’a dan bersedekah. Allah pun tahu sejak dulu (Pada saat ditulis di Lauhul Mahfudz) bahwa kita akan melakukan hal baik ini pada saat kita hidup nantinya, sebagai gantinya Allah juga sudah menetapkan (menakdirkan) kita berusia panjang. Oleh karena itu, usia panjang memang sudah ditakdirkan oleh Allah sebagai hasil dari apa yang akan kita lakukan pada saat hidup.

Kalau masih bingung lihat penjelasan berikut. Perlu diingat bahwa Allah Maha tahu segala apa yang ada di hati hamba-Nya sehingga,

Jika kita sekarang memutuskan untuk tidak mau berusaha, itu juga sudah diketahui (baca: digariskan) oleh Allah sejak dahulu kala. Dan pastilah kita mendapatkan balasan atas apa yang kita lakukan (dan pastilah balasan ini sudah diketahui pula oleh Allah juga sejak dulu).

Jadi kalau sekarang Anda berdoa, beramal dan menjalin silaturahmi. PASTILAH Anda ditetapkan (baca: diketahui) SEBELUMNYA memiliki umur yang panjang KARENA janji Allah adalah PASTI. “Allah tidak akan merubah nasib kaumnya jika ia tidak ingin merubahnya”. So, jika Anda ingin ditetapkan panjang umur. MAKA: BERUSAHA, BERDOA, dan BERSEDEKAH SEKARANG juga, agar Allah (dulu) menulis takdir Anda dengan umur yang panjang. Amin…

Ini ulasan saya. Jika ada benarnya, semua itu hanyalah milik Allah. Jika ada salahnya berarti dari saya pribadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s